Cari Blog Ini

Sabtu, 23 April 2011

Kegelisahan


                Kegelisahan berasal dari kata gelisah yang berarti  tidak tenteram hatinya selalu merasa khawatir , tidak tenang, tidak sabar, cemas. Sehingga kegelisahan merupakan hal yang menggambarkan seseorang tidak tentram hati maupun perbuatannya, merasa khawatir, tidak tenang dalam tingkah lakunya tidak sabar ataupun dalam kecemasan. Kegelisahan hanya dapat diketahui dari gejala tingkah laku atau gerak gerik seseorang dalam situasi tertentu gejala tingkah laku atau gerak gerik orang tersebut lain dari bisasanya mialnya berjalan mondar mandir dalam ruangan. Kegelisahan merupakan salah satu ekspresi dari kecemasan karena itu dalam kehidupan sehari hari, kegelisahan juga diartikan sebagai kecemasan ataupun kekhawatiran.
( http://nothingwrongwithmylongblackhair.wordpress.com/2010/05/24/manusia-dan-kegelisahan/) 

Kegelisahan adalah salah satu hal yang menyebabkan pikiran menjadi berantakan dan kegiatan pun akan menjadi terbengkalai. Bukan hanya itu saja, gelisah juga dapat menyebabkan daya pikir dan daya tanggap otak menjadi lambat. Gelisah biasanya disebabkan karena terlalu memikirkan hal-hal yang belum terjadi atau hal-hal yang sebelumnya telah terjadi. Kegelisahan identik dengan kata panik. Hal ini membuat seseorang menjadi cemas atau bingung. Dalam melakukan suatu pekerjaan kita tidak akan bersemangat jika kita dalam keadaan gelisah, sebab salah satu dari perasaan ini akan saling berupaya meniadakan hal yg lain. 

Saat kita memikirkan sesuatu yang berlebihan  maka otak akan dirangsang  sehingga tubuh akan merespon dengan berbegai tanggapan, misalnya tubuh akan megeluarkan keringat yang banyak, badan merasakan panas dingin, pikiran tidak karuan dll. Oleh karena itu kegelisahan memungkinkan menurunnya kondisi tubuh.

Ketika anda merasa kegelisahan yang  menggoncang anda pada hari ini, cobalah anda untuk megembalikan ingatan anda  pada situasi paling meggelisahkan yg pernah anda alami di masa lalu. Dengan begitu pikiran anda akan terjadi pertarungan dua kekuatan pengaruh. Berikutnya pengaruh dari masa lalu yang lebih kuat akan mengalahkan pengaruh masa kini yg lebih ringan. Ketika itu terjadi, seseorang akan berkata "Tidak ada sesuatu yang lebih buruk dari krisis yang pernah kualami di masa lalu". Artinya anda pasti akan melewati krisis berikutnya dengan mudah. Dan jika anda telah melampaui krisis itu dan berhasil maka hari ini akan lebih ringan. Hal seperti itu seharusnya tidak dapat kita hidari karena akan menyebabkan segala aktifitas menjadi berantakan, kondisi tubuh menurun dan hasil kerja tidak maksimal karena pikiran yang melayang-layang.

Kegelisahan sebenarnya dapat ditangani atau dihindari. Berikut ini ada beberapa tips untuk menghindari kegelisahan yang berlebih:
·         Mempersiapkan dengan teliti semua keperluan yang dibutuhkan seminggu sebelumnya.
·         Setelah mendekati  hari tersebut kita harus cek dulu semua keperluan dengan teliti terlebih dahulu.
·         Istirahat yang cukup agar tubuh tidak turun atau drop.
·         Gunakan waktu dengan sebaik mungkin.
·         Sebelum hari tersebut kita harus menjaga stamina tubuh agar selau fit dengan mengkonsumsi buah dan sayur yang cukup.
·         Jika pikiran sudah gelisah buat pikiran menjadi tenag dengan melakukan hal yang kita sukai contohnya mendengarkan musik
·         Dan yang terakhir yaitu berdoa kepada yang Maha Kuasa agar di lancarkan dalam segala sesuatunya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar