Cari Blog Ini

Sabtu, 26 Maret 2011

LAPORAN AKHIR PRAKTIKUM KTI PERT 4

LAPORAN AKHIR PRAKTIKUM

Mata Praktikum                    : Komputer Teknologi Informasi
Kelas                                       : 1 IA 16                     
Praktikum ke -                       : 4
Tanggal                                   : 28  Maret 2011
Materi                                     : Microsoft Access
NPM                                        : 54410433
Nama                                      : Mochamad Eko Syatiyanto
Ketua Asisten                         :
Nama Asisten                         :
Paraf Asisten                          :

            Jumlah Lembar          :   4   Lembar





LABORATORIUM INFORMATIKA
UNIVERSITAS GUNADARMA
2011
Disini saya akan menjelaskan cara membuat data customer pada ms.access. Berikut merupakan langkah langkah serta cara dalam pembutan laporan data customer di ms access.
v  Pertama kita buka dahulu program ms access. Kemudian setelah masuk kita klik office botton yang terdapat diatas lembar kerja ms access>kemudian klik new
v  Setelah klik new, maka akan keluar kotak dialog yang terdapat pada kanan jendela ms access. Kemudian kita masukan nama yang kita inginkan untuk dijadikan judul database. Disini kita masukan judul dengan nama customer kemudian klik create.
v  Setelah itu akan keluar jendela baru ms access, kemudian pilih view pada toolbar. Kemudian pada view kita pilih desain view, maka akan keluar tabel untuk dimasukan field name apa saja yang akan dimasukan ke dalam database. Disini kita dapat mendeskripsikan tipe data apa saja yang terdapat pada field. Disini kita masukan  contoh field sebagai berikut yaitu id customer, nama customer, jumlah barang, jenis barang. Setelah inputan selesai di ketik maka selanjutnya kita save as dengan nama customer, kemudian klik ok.
v  Setelah itu double klik pada cusomer : table kemudian akan keluar table dengan field yang telah kita buat tadi. Disini kita masukan data customer yang ingin kita input ke dalam database.
v  Setelah semua data dimasukan langkah selanjutnya yaitu save as data yang kita input tadi kedalam format table.
v  Selanjutnya untuk menampilkan field dari ID customer, nama customer serta jenis barang kita pilih create pada menu bar kemudian klik query wizard, selanjutnya akan keluar jendela pemberitahuan baru, disini kita pilih simple query wizard kemudian klik ok>disini kita masukan field yang ingin kita tampilkan pada query wizard yaitu ID customer, nama customer serta jenis barang kemudian klik next>kemudian klik finish maka akan keluar table query yang tadi kita pilih.
v  Setelah langkah tadi selesai tahap selanjutnya kita tampilkan form dengan cara pilih create pada menu bar lalu klik form maka akan keluar form customer yang terdapat di query wizard secara satu persatu.
v  Setelah langkah tadi selesai tahap selanjutnya kita tampilkan semua field database yang terdapat di query wizard yang telah kita buat tadi dengan cara pilih create pada menu bar lalu klik repot maka akan keluar seluruh data customer yang terdapat di query wizard yang telah kita buat tadi.



Nb: Mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahannya dalam pembuatan logika serta langkah-langkah dalam pembuatan program. Terima kasih




OUTPUT

TABLE DATABASE CUSTUMER


QUERY DATABASE CUSTOMER


FORM DATABASE CUSTOMER


REPORT DATABASE CUSTOMER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar