PENDAHULUAN
Pengertian social
Network
Social
Network merupakan sebuah bentuk layanan internet yang ditujukan sebagai
komunitas online bagi orang yang memiliki kesamaan aktivitas, ketertarikan pada
bidang tertentu, atau kesamaan latar balakang tertentu. Social networking lazim
disebut sebagai jaringan pertemanan.
Layanan
social network biasanya berbasis web, dilengkapi dengan beragam fitur bagi
penggunanya agar dapat saling berkomunikasi dan berinteraksi. Contoh situs
social networking yang populer dewasa ini antara
lain facebook dan twitter.
TEORI
Jejaring
sosial merupakan situs dimana setiap orang bisa membuat web page pribadi,
kemudian terhubung dengan teman-teman untuk berbagi informasi dan berkomunikasi.
Jejaring sosial terbesar antara lain Facebook, Myspace, dan Twitter. Jika media
tradisional menggunakan media cetak dan media broadcast, maka media sosial
menggunakan internet. Media sosial mengajak siapa saja yang tertarik untuk
berpertisipasi dengan memberi kontribusi dan feedback secara terbuka, memberi
komentar, serta membagi informasi dalam waktu yang cepat dan tak terbatas.
Saat
teknologi internet dan mobile phone makin maju maka media sosial pun ikut
tumbuh dengan pesat. Kini untuk mengakses facebook atau twitter misalnya, bisa
dilakukan dimana saja dan kapan saja hanya dengan menggunakan sebuah mobile
phone. Demikian cepatnya orang bisa mengakses media sosial mengakibatkan
terjadinya fenomena besar terhadap arus informasi tidak hanya di negara-negara
maju, tetapi juga di Indonesia. Karena kecepatannya media sosial juga mulai
tampak menggantikan peranan media massa konvensional dalam menyebarkan
berita-berita.
Pesatnya
perkembangan media sosial kini dikarenakan semua orang seperti bisa memiliki
media sendiri. Jika untuk memiliki media tradisional seperti televisi, radio,
atau koran dibutuhkan modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lain
halnya dengan media. Seorang pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan
social media dengan jaringan internet bahkan yang aksesnya lambat sekalipun,
tanpa biaya besar, tanpa alat mahal dan dilakukan sendiri tanpa karyawan. Kita
sebagai pengguna social media dengan bebas bisa mengedit, menambahkan,
memodifikasi baik tulisan, gambar, video, grafis, dan berbagai model content
lainnya.
Media
sosial mempunyai ciri-ciri, yaitu sebagai berikut :
- Pesan yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa keberbagai banyak orang contohnya pesan melalui SMS ataupun internet
- Pesan yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper
- Pesan yang di sampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya
- Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi
Adapun dampak positif dan negatif dari
sosial media networking :
• Dampak positif
1. Media bersifat gratis jadi mudah
digunakan oleh siapa saja.
2. Memudahkan kita membentuk jaringan
social, mulai dari teman lama, teman saat ini sampai teman baru.
3. Memudahkan untuk berkomunikasi satu
teman dengan teman yang lainnya baik secara realtime maupun offline.
4. Bagi seseorang pemula dan remaja,
media ini sangat membantu dan mendidik terutama dalam mengenal dunia internet.
5. Bisa dimanfaatkan untuk media promosi
atau iklan dan pemberitahuan secara update.
6. Dan manfaat hiburan lainnya seperti
komunitas, kuis, game.dll yang bisa menambah pengetahuan kita tentang teknologi
maupun hal umum.
• Dampak negatif
1. Menimbulkan ketergantungan.
2. Menciptakan dunia maya yang terkadang
lebih mendominasi dari pada dunia nyata. Dengan jejaring social, seeorang
cenderung melupakan dunia nyata dan tenggelam didalam dunia maya.
3. Cyber crim (kejahatan dunia maya)
diantaranya, carding, hacking, cracking, phising dan spamming.
4. Banyaknya oarng-orang aneh yang
selalu menghujat disosial media.sering sekali akun anonym yang menjelekan
sesuatu, ada yang menjelekan agama,suatu ras dsb.
5. Mudahnyanya konten-konten porno masuk
disosial media,ini sangat berbahaya jika konten tersebut diterima oleh orang
yang belum cukup umurnya.
ANALISIS
Media sosial merupakan
alat promosi bisnis yang efektif karena dapat diakses oleh siapa saja, sehingga
jaringan promosi bisa lebih luas. Media sosial menjadi bagian yang sangat
diperlukan oleh pemasaran bagi banyak perusahaan dan merupakan salah satu cara terbaik
untuk menjangkau pelanggan dan klien. Media sosial sperti blog, facebook,
twitter, dab youtube memiliki sejumlah manfaat bagi perusahaan dan lebih cepat
dari media konvensional seperti media cetak dan iklan TV, brosur dan selebaran.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar