Cari Blog Ini

Sabtu, 11 Januari 2014

Social Network Business


PENDAHULUAN
 
Pengertian social Network 
Social Network  merupakan sebuah bentuk layanan internet yang ditujukan sebagai komunitas online bagi orang yang memiliki kesamaan aktivitas, ketertarikan pada bidang tertentu, atau kesamaan latar balakang tertentu. Social networking lazim disebut sebagai jaringan pertemanan.
Layanan social network biasanya berbasis web, dilengkapi dengan beragam fitur bagi penggunanya agar dapat saling berkomunikasi dan berinteraksi. Contoh situs social networking yang populer dewasa ini antara lain facebook dan twitter.

TEORI
Jejaring sosial merupakan situs dimana setiap orang bisa membuat web page pribadi, kemudian terhubung dengan teman-teman untuk berbagi informasi dan berkomunikasi. Jejaring sosial terbesar antara lain Facebook, Myspace, dan Twitter. Jika media tradisional menggunakan media cetak dan media broadcast, maka media sosial menggunakan internet. Media sosial mengajak siapa saja yang tertarik untuk berpertisipasi dengan memberi kontribusi dan feedback secara terbuka, memberi komentar, serta membagi informasi dalam waktu yang cepat dan tak terbatas.
Saat teknologi internet dan mobile phone makin maju maka media sosial pun ikut tumbuh dengan pesat. Kini untuk mengakses facebook atau twitter misalnya, bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja hanya dengan menggunakan sebuah mobile phone. Demikian cepatnya orang bisa mengakses media sosial mengakibatkan terjadinya fenomena besar terhadap arus informasi tidak hanya di negara-negara maju, tetapi juga di Indonesia. Karena kecepatannya media sosial juga mulai tampak menggantikan peranan media massa konvensional dalam menyebarkan berita-berita.
Pesatnya perkembangan media sosial kini dikarenakan semua orang seperti bisa memiliki media sendiri. Jika untuk memiliki media tradisional seperti televisi, radio, atau koran dibutuhkan modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lain halnya dengan media. Seorang pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan social media dengan jaringan internet bahkan yang aksesnya lambat sekalipun, tanpa biaya besar, tanpa alat mahal dan dilakukan sendiri tanpa karyawan. Kita sebagai pengguna social media dengan bebas bisa mengedit, menambahkan, memodifikasi baik tulisan, gambar, video, grafis, dan berbagai model content lainnya.
Media sosial mempunyai ciri-ciri, yaitu sebagai berikut :
  • Pesan yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa keberbagai banyak orang contohnya pesan melalui SMS ataupun internet
  • Pesan yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper
  • Pesan yang di sampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya
  • Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi
Adapun dampak positif dan negatif dari sosial media networking :
• Dampak positif
1. Media bersifat gratis jadi mudah digunakan oleh siapa saja.
2. Memudahkan kita membentuk jaringan social, mulai dari teman lama, teman saat ini sampai teman baru.
3. Memudahkan untuk berkomunikasi satu teman dengan teman yang lainnya baik secara realtime maupun offline.
4. Bagi seseorang pemula dan remaja, media ini sangat membantu dan mendidik terutama dalam mengenal dunia internet.
5. Bisa dimanfaatkan untuk media promosi atau iklan dan pemberitahuan secara update.
6. Dan manfaat hiburan lainnya seperti komunitas, kuis, game.dll yang bisa menambah pengetahuan kita tentang teknologi maupun hal umum.

• Dampak negatif
1. Menimbulkan ketergantungan.
2. Menciptakan dunia maya yang terkadang lebih mendominasi dari pada dunia nyata. Dengan jejaring social, seeorang cenderung melupakan dunia nyata dan tenggelam didalam dunia maya.
3. Cyber crim (kejahatan dunia maya) diantaranya, carding, hacking, cracking, phising dan spamming.
4. Banyaknya oarng-orang aneh yang selalu menghujat disosial media.sering sekali akun anonym yang menjelekan sesuatu, ada yang menjelekan agama,suatu ras dsb.
5. Mudahnyanya konten-konten porno masuk disosial media,ini sangat berbahaya jika konten tersebut diterima oleh orang yang belum cukup umurnya.

ANALISIS
Media sosial merupakan alat promosi bisnis yang efektif karena dapat diakses oleh siapa saja, sehingga jaringan promosi bisa lebih luas. Media sosial menjadi bagian yang sangat diperlukan oleh pemasaran bagi banyak perusahaan dan merupakan salah satu cara terbaik untuk menjangkau pelanggan dan klien. Media sosial sperti blog, facebook, twitter, dab youtube memiliki sejumlah manfaat bagi perusahaan dan lebih cepat dari media konvensional seperti media cetak dan iklan TV, brosur dan selebaran.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar